Rabu, 01 Agustus 2018

Karena Salah Aku Ada

Fallor Ergo Sum
Pernah dengar kalimat ini? Kalimat ini dicetuskan oleh seorang filsuf Romawi bernama Santo Agustinus yang memiliki arti "karena aku berbuat salah maka aku ada".
Pernah takut berbuat salah? Dari  berbuat salah orang bisa trauma dan takut untuk bertindak. Takut bully, takut dimarahi, takut berekspresi, dan akhirnya tidak berbuat apa-apa. Padahal dari kesalahanlah orang bisa tahu, dan mengenal apa yang harusnya dilakukan. Dari kesalahan orang bisa menemukan kesalahan selanjutnya dan menemukan "kesalahan yang berbeda". Dari kesalahan-kesalahan itu timbullah motivasi untuk memperbaiki dan berjalan ke arah yang lebih baik. Jadi, tidak ada salahnya salah jika salah itu tidak merugikan orang lain dan dan dalam niat yang baik.
Contoh besar yang sering kita dengar adalah cerita penemu besar yang ribuan kali melakukan "kesalahan dan gagal". Seperti Thomas Alfa Edison yang pernah ditanya oleh wartawan tentang kegagalan dan kesalahannya dan dijawab dengan luar biasa "aku tidak gagal, tetapi menemukan sesuatu yang baru untuk mencapainya".
Artinya tidak ada jalan yang mulus bagi sesuatu yang dipercayai. Begitu pula dalam suatu kegagaglan dan kesalahan, selalu ada hikmah dan ibrah yang bisa dipetik. Salah itu baik, jika yang dikerjakan menuju yang positif (on process to positive). Ini bahasa bener ga ya hihihi..
Kalau Einstein bilang, a person who never made a mistake never tried anything new.
-Seseorang yang tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah mencoba sesuatu yang baru-

Begitulah sedikit motivasi untuk diri saya pribadi dan semoga bermanfaat bagi yang membaca.
Tulisan selanjutnya insyaAllah akan membahas model-model kesalahan. Karena tidak semua kesalahan itu baik, ada batasan-batasan tertentu saat bermain dengan kesalahan dan kreativitas.
Sebagai kata penutup izinkan saya mengutip kata-kata bijak berikut :
"Sukses itu bergerak dari satu kesalahan ke kesalahan berikutnya tanpa kehilangan antusiasme" (Winston Churcill)

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html